Senin, 09 Januari 2017

Tips melakukan mix lagu

Apakah kamu memiliki sebuah rekaman lagu yang terdiri dari bebera[a vokal, suara drum, gitar dan bass? Namun masih tidak yakin dengan hasil rekaman tersebut? Mudah sekali melakukan mixing lagu, kamu hanya perlu memotong-motong beberapa bagian, tapi yang jadi pertanyaan adalah bagaimana kamu akan mencampurnya jika tanpa ide?

Karena itu sebelum melakukan mixing terlebih dulu kita mesti menentukan tujuan dari mixing itu sendiri.Bukan Cuma sekedar beli gitar kemudian merekamnya menjadi sebuah lagu yang punya nada sama dengan lagu-lagu pada umumnya. Jika seperti ini musikmu tidak akan punya keontetikan. Untuk memastikan kamu melakukan mixing lagu yang baik, perhatikan tips-tips ini:

a.    Tujuan

Aspek paling menakutkan dari sebuah mixing lagu adalah mencari tujuan. Mixing itu soal mencampur-campurkan nada saja, namun dibalik itu kita juga mesti apa yang ingin digapai atasu semua itu, dan ini berkaitan dengan pemahaman kita terhadap musik. So, dari awal tetap tujuan kamu menciptakan musik itu untuk apa, baru kamu akan paham potongan-potongan mana saja yang mesti digunakan.

b.    Dengarkan

Setelah potongan-potongan ditemuka, mundur sehenak dan dengarkan kembali kombinasi potongan musik tersebut. Fokuslah pada niat atau tujuan kamu tadi dalam menciptakan lagu, upayakan semua didasarkan pada kebutuhan pendengar bukan hanya karena kamu menyukainya.

c.     Tentukan badan lagu

Nah, setelah kedua langkah tadi dilakukan kini saatnya kamu beranjak ke hal-hal yang lebih spesifik. Pikirkan tentang bagaimana perubahan nuansa lagu, penggunakan verse yang agak melankolis dan chorus yang penuh harapan dan inspirasi. Buat bridge yang menyentuh dengan chorus bercerita tentang kebahasiaan. Bisanya badan seperti ini akan membuat musikmu lebih dinamis.

d.    Priotitas

Dari sekian badan lagu yang sudah diciptakan coba tentukan mana salah satu dari itu yang mesti menjadi prioritas. Hal ini akan berdampak pada harmoni yang akan dihasilkan, apakah akan terdengar sendu atau ceria.

e.    Santai

Mixing lagu buakan soal kompetisi, melainkan usaha bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan dari para pendengar. Kebanyakan mixing hanyalah upaya menyatukan potongan musik yang dibiarkan apa adanya. Hal ini tidak bisa dibiarkan. Kamu mesti berupaya untuk melakukan perubahan agar bisa menghadilkan nada-nada yang apik.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar